Wednesday, July 20, 2005

Memaham Alqur'an itu "MUDAH"

Kemaren sore, aku pulang ontime jam 5:00 pm. Sengaja aku pulang ontime dan naik motor karena aku tertarik dengan pengajian di mesjid Al-Falah di Sumber Porong, Lawang Tempat biasa aku lewat saat jalan berangkat ato pulang kerja. Saat itu pas saat Sholat maghrib berjama'ah dan segera aku mengikutinya menjadi makmum di mesjid itu. Setelah Sholat dll tiba saatnya pengajian dimulai, aku sendiri belum tahu pengajian model apa yang biasa dilaksanakan di mesjid itu, sengaja aku diam ingin mengetahuinya. Selang beberapa saat ada seseorang membagikan buku yang semacam buku panduan untuk pengajian itu.
Setelah aku melihat-lihat isi buku yang diedarkan baru aku mengerti bahwa yang diedarkan itu ada Al-Qur'an jilid 1 (Juz 1). Uniknya Ayat - ayat yang didalamnya tidak tersambung menjadi satu bagian kalimat seperti normalnya Kitab Suci Al-Qur'an yang biasa dibaca, akan tetapi terpotong - potong dalam kata. Dimana terbagi menjadi 4 kolom yang berisi ayat dan terjemah yang masih kosong belum terisi.
Kemudian pengajian dimulai dan sang ustad mulai membacakan ayat - ayat yang terdapat dalam buku itu sekaligus beserta terjemahnya dalam bahasa Indonesia setiap kata dalam ayat tersebut. Kontan aku merasa kaget, tidak biasanya ada pengajian seperti ini. Aku terus ikuti dan amati setiap ayat yang dibaca dan diterjemahkan sekalian dengan tafsir dan asbabul nuzulnya. WAH TERNYATA MEMAHAMI AL-QUR'AN ITU "MUDAH" karena banyak sekali kata yang diulang-ulang disetiap ayatnya. Bayangkan klo sehari 1 ayat sekalian terjemahnya berapa kosakata yang kita hapal dalam 1 tahun .. pasti bisa mengerti isi Al-Qur'an karena banyak kata yang telah dihapalkan. Semoga bisa lancar terus belajarnya ... Amiin...

2 comments:

A. Fatih Syuhud said...

bagus. semoga lancar trus ngajinya. selamat juga buat anak pertamnya.

Andi Eko said...

Terima kasih mas :D